Blogger Jateng

Cara Membersihkan Virus di HP Android

 



Cara membersihkan virus di hp android – Sama halnya dengan komputer, virus atau malware juga dapat menyerang handphone android dan berpotensi merusak sistemnya. Umumnya berbagai virus atau malware bisa masuk berupa kode yang dikirim melalui pesan teks, email hingga aplikasi ilegal. Lantas bagaimana cara membersihkannya bila virus terlanjur menyerang?

Jenis-Jenis Virus di Smartphone Android

Sebelum mengetahui cara untuk membersihkan virus di HP android, ada baiknya Anda tahu beberapa jenis virus yang umumnya menyerang handphone android. Virus atau malware tersebut pada dasarnya merupakan sebuah program yang dirancang untuk merusak sebuah sistem termasuk sistem android. Beberapa jenis virus yang biasanya menyerang handphone android antara lain yaitu :

·        Adware

Adware merupakan jenis virus berupa iklan disertai tautan ke halaman web maupun aplikasi. Bila kita mengklik atau mengikuti perintahnya bisa menyebabkan kerusakan maupun pelanggaran keamanan.

·        Malware

Malware adalah jenis virus yang mampu mengambil alih akses perangkat untuk mencuri informasi pribadi, pesan teks dan berbagai tindakan merugikan lainnya.

·        Ransomware

Ransomware adalah virus yang bekerja dengan cara mengunci file atau aplikasi. Kemudian peretas akan meminta tebusan dari pengguna agar file atau aplikasi bisa dibuka kembali.

·        Spyware

Spyware merupakan jenis virus yang dapat memantau aktivitas pengguna dengan tujuan yang tidak benar.

·        Trojan Horse

Trojan house bekerja dengan cara menyambungkan dirinya sendiri ke aplikasi yang legal, tujuannya adalah untuk mengacaukan sistem operasi android.

Cara Membersihkan Virus di HP Android

Bila handphone android Anda terserang virus atau malware dan menunjukkan gejala tidak wajar, jangan panik karena masih ada opsi perlindungan dan aplikasi antivirus yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa cara membersihkan virus di HP android yang bisa Anda lakukan :

1. Matikan atau Non-aktifkan Perangkat

Setelah Anda yakin bahwa ponsel Anda terinfeksi malware, segera matikan perangkat sepenuhnya. Langkah ini mungkin tidak akan menghapus malware yang menyebabkan kerusakan, tetapi akan menghentikan masalah menjadi lebih buruk.

Mematikan perangkat juga memberi Anda waktu untuk berpikir dan melakukan penelitian lebih lanjut. Apakah Anda mengetahui aplikasi tertentu yang terinfeksi dan menyebabkan malware masuk ke perangkat Anda? Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi aplikasi sebagai sumber masalah, maka Anda tidak akan dapat menghapusnya.

2. Beralih ke Safe Mode

Setelah Anda menghidupkan kembali perangkat dan ingin mengisolasi aplikasi yang bermasalah, beralihlah ke mode aman terlebih dahulu. Meskipun belum mengatasinya, namun mode ini akan membatasi kerusakan yang dapat dilakukan oleh virus atau malware.

Untuk sebagian besar perangkat Android, Anda dapat masuk ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik saat perangkat aktif, lalu pilih opsi Matikan dengan menekan dan menahan tombol yang sesuai. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi daya, termasuk Reboot ke Safe mode.

Pilih opsi mode aman ini dan tunggu perangkat Anda melakukan reboot sebelum melanjutkan. Jika Anda tidak dapat menemukan mode aman, aktifkan mode pesawat sebagai alternatif, untuk memutuskan perangkat Anda dari jaringan mana pun. Biasanya Anda dapat menemukan opsi ini di bagian atas layar pemberitahuan Anda.

3. Arahkan ke Pengaturan dan Temukan Aplikasi

Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian yang disebut Aplikasi dan masukkan. Temukan daftar semua aplikasi yang saat ini terpasang pada perangkat, mungkin Anda perlu memilih Manajer Aplikasi untuk melihat daftar lengkapnya. Setelah sampai disana, gulir hingga Anda menemukan aplikasi yang terinfeksi dan menjadi sumber masalah Anda.

Pilih aplikasi tersebut, dan ini akan membuka opsi untuk Uninstall, Force Close, atau Force Stop. Kadang-kadang Anda tidak dapat menghapus aplikasi inti, hanya menonaktifkannya, tetapi aplikasi tersebut mungkin tidak menjadi masalah.

4. Hapus Aplikasi yang Terinfeksi atau Mencurigakan

Setelah menemukan aplikasi yang terinfeksi atau mencurigakan segera Uninstall dan hapus semua file terkait aplikasi tersebut. Selain itu, periksa daftar aplikasi Anda dan hapus unduhan yang mencurigakan. Jika Anda belum pernah melihat daftar ini sebelumnya, Anda mungkin terkejut dengan beberapa aplikasi asing yang ada di perangkat Anda.

5. Unduh Aplikasi Pelindung Malware

Anda perlu memberikan perlindungan keamanan dan melawan malware pada perangkat Android Anda. Penting untuk menginstal perangkat lunak antivirus jika Anda sebelumnya memiliki pengalaman buruk dengan aplikasi yang meragukan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perlindungan handphone android Anda sehingga tidak mudah terserang virus dan malware.