Blogger Jateng

Cara Mudah Cek BI Checking atau SLIK OJK Tanpa Perlu Keluar Rumah

 


Dalam mengajukan suatu kredit atau pinjaman kepada pihak kreditur biasanya harus melakukan BI Checking atau SLIK OJK untuk mengetahui apakah memiliki nama yang baik atau sudah termasuk ke dalam daftar nama hitam karena tidak pernah membayar pinjaman.

Hal tersebut biasanya menjadi pertimbangan apakah pihak kreditur akan memberikan pinjaman kepada pihak debitur. Kini untuk mengecek BI Checking atau SLIK OJK sudah tidak perlu kesulitan untuk datang ke kantor OJK karena sudah ada cara mudah untuk melakukan pemeriksaan BI Checking yakni melalui situs web yang disediakan oleh OJK.

Cara cek BI Checking atau SLIK OJK ini bisa dilakukan melalui website OJK yakni idebku.ojk.go.id. simak cara mudah melakukan cek BI Checking atau SLIK OJK berikut ini lengkap dengan dokumen yang diperlukan.

Cara cek BI Checking online

Informasi terkait kredit dan debit sejak tahun 2018 sudah tidak lagi dikelola oleh BI atau Bank Indonesia melainkan dikelola oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dari hal tersebut juga banyak transformasi peran dan juga wewenang terkait pengawasan traksaksi berbagai keuangan yang ada di Indonesia ini.

Salah satunya dalam melakukan BI Checking atau SLIK OJK yang dilakukan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan yang juga bisa diakses secara online melalui website yang dikeluarkan oleh OJK yakni idebku.ojk.go.id.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan cek BI Checking secara online:

1.      Dokumen yang perlu disiapkan

Dalam melakukan cek BI Checking ini bisa dilakukan untuk mengecek debitur perorangan ataupun debitur badan usaha sehingga dokumen yang perlu disiapkan nya pun berbeda diantaranya seperti berikut.

·        Debitur perorangan

-         KTP bagi WNI atau Warga Negara Indonesia

-         Paspor asli bagi WNA atau Warga Negara Asing

-         Jika debitur sudah meninggal dunia dan sudah diserahkan kepada ahli waris maka wajib untuk menyertakan Surat Keterangan Kematian dan juga Surat Keterangan Ahli Waris

·        Debitur badan usaha

-         Identitas asli dari pengurus yang terdiri dari KTP untuk WNI atau Paspor untuk WNA

-         NPWP badan usaha

-         Akta pendirian badan usaha

-         Dokumen anggaran dasar terakhir yang berisi perubahan kepengurusan Badan Usaha

2.      Formulir permohonan IDeb SLIK OJK

·        Setelah menyiapkan berkas kemudian pengguna atau debitur memasuki website yang sudah disediakan yakni https://idebku.ojk.go.id/

·        Klik “Pendaftaran” pada halaman yang sudah ditersedia

·        Masukan data diri, jenis debitur, kewarganegaan, jenis identitas debitur, nomor identitas dan kemudian klik ketersediaan layanan dan klik “Selanjutnya”

·        Isi data diri kembali untuk melakukan registrasi IDeb SLIK OJK sesuai dengan yang diperlukan

·        Unggah foto diri dengan memegang KTP

·        Setelah pendaftaran berhasil kemudan pengguna atau debitur akan menerima email dari OJK yang berisi mengenai informasi nomor pendaftaran

·        Kemudian OJK akan melakukan proses permohonan IDeb dan juga mengirimkan hasil IDeb SLIK OJK atau hasil BI Checking yang dibutuhkan melalui email yang dituliskan pada saat pendaftaran paling lambat 1 hari kerja setelah melakukan pendaftaran.

Itulah cara mudah untuk melakukan cek BI Checking atau SLIK OJK yang bisa dilakukan secara online sehingga sangat mudah dan praktis bukan?


Cek BI Checking atau SLIK OJK kini bisa dilakukan secara mudah dan praktis tanpa perlu keluar rumah yakni melalui website https://idebku.ojk.go.id/. Pengguna atau debitur hanya perlu mengunjungi website tersebut dan memasukan data dengan benar dan hasil IDeb SLIK OJK atau hasil BI Checking yang dibutuhkan melalui email yang dituliskan pada saat pendaftaran paling lambat 1 hari kerja setelah melakukan pendaftaran.